Bedah Lagu, Beranda, Galeri

[Bedah Lagu] Dirty House (더러운 집)

Artis : South Club
Lirik : Nam Taehyun
Komposer : Nam Taehyun
Aransemen : Nam Taehyun, Kang Kunku, Jang Wonyoung, Kim Euimyeong, Choi Yunhee

Tanggal rilis 27 Juni 2017

Lagu ini dibuat tiga tahun yang lalu oleh Nam Taehyun. Katanya pembuatan lagu ini membutuhkan waktu begitu lama karena dia takut lagu ini terdengar terlalu kasar untuk publik. “Dirty House” secara gamplang sendiri bisa di artikan jadi “rumah kotor”. Pada umumnya, makna “rumah” itu sendiri bisa menggambarkan beberapa hal, salah satu contoh yaitu, diri sendiri. Rumah itu bisa jadi melambangkan suasana hati atau bahkan memiliki arti rumah yang sesungguhnya. Kalo dilihat melalui MV “Dirty House”, lagu ini menunjukan perasaan bebas, frustasi, dan masa bodo.

뭐 그리 안되는게 많아
Mwo geuri andoeneunge manha
Why are there so many rejections?
튕기지 좀 마
Twinggiji jom ma
Stop playing hard to get
난 세번 이상 참지못해
Nan sebeon isang chamjimothae
I won’t wait more than three times
그만 항복하거라
Geuman hangbokhageora
So surrender now

Pada awal bait ini bisa di lihat, seperti menceritakan mengenai seseorang yang sudah muak dengan penolakan-penolakan. Taehyun secara tidak langsung mau bilang ke seseorang atau orang-orang yang sering nolak dia kalo dia itu udah mau nyerah. Jadi kalau dia udah nyerah, dia gak akan ngejar lagi. Hal ini bisa dilihat dari dua sudut pandang, pertama bisa mengartikan soal penolakan dari orang-orang di sekitarnya. Seperti bilang “Ini gw apa adanya, kenapa lu gak bisa terima gw aja?”. Kedua, bisa juga untuk percintaan, dimana seperti Nam udah nembak terus-terusan tapi si cewek kaya jual mahal, maka dari itu dia bilang pada liriknya kalo ini yang terakhir kalinya nanti dia ga akan ngejar lagi.

이 만큼 만나보고
I mankeum mannabogo
If we’ve dated this much
대화 나눴음 됐지
Daehwa nanwosseum dwaessji
And talked this much, that’s enough
도대체 뭘 더 알고 싶은 거야
Dodaeche mwol deo algo sipeun geoya
What more do you want to know?
이만하면 충분해
Imanhamyeon chungbunhae
This is enough

Kalimat pertama dibait kedua ini “이 만큼 만나보고”. Kalimat pertama ini mengartikan soal “kita udah ketemuan segini lama loh”. Bisa juga di artikan jadi “kita udah pacaran segini lama loh”. Apapun itu, bait kedua ini menjelaskan tentang kebingungan si penulis lirik lagu, “kita itu udah sering ketemu. udah sering ngobrol. kenapa lu masih nolak gw? sebenernya apa lagi sih yang lu pengen tahu dari gw?” harus lakuin apa lagi padahal udah banyak hal yang udah kita lakuin bareng. Ini juga bisa membuktikan bahwa orang yang dikejar Nam itu sendiri kemungkinan, antara memainkan perasaan Nam atau juga dia itu orang yang punya insecurity/kegelisahan. Maka dia seperti terus ingin mencari tahu soal Nam. Atau mungkin banyak pertanyaan dalam benaknya. Kalimat “This is enough” atau “that’s enough” yang sampai diulang 2 kali oleh Nam itu seperti sebuah pernyataan dia beneran gak peduli kalau itu orang nolak terus atau mungkin bisa juga sebuah harapan kalau sebenarnya dia ingin itu orang buat terima dia. Tapi dia memiliki harga dirinya.

집이 대체 뭐 어떻길래
Jibi daeche mwo eotteokgillae
Just what exactly is wrong with the house?
난 깔끔한 집이 너무 싫어 Baby
Nan kkalkkeumhan jibi neomu sirheo Baby
I don’t like clean houses baby
어차피 나와 함께 가면
Eochapi nawa hamkke gamyeon
If you come with me
아주 수십배는 더러워져
Aju susibbaeneun deoreowojyeo
It’ll become so much dirtier anyway

Di bait ini pun Taehyun masih mempertanyakan “apa sih yang salah?”. Kenapa dia gak bisa diterima ?!. Karena dia kembali mempertanyakan “sebenarnya apa sih yang salah dari rumahnya. Aku itu gak suka rumah yang bersih”. Seperti yang sudah dibilang sebelumnya, kalau rumah tersebut bisa memiliki berbagai arti. Jika dilihat dari alur yang sebelumnya, kemungkinan rumah di lagu ini melambangkan kepribadian Nam sendiri. Makanya mungkin lewat MV lagu ini sendiri, terlihat kalau Nam itu benar-benar mencoba mengekspresikan diri dia yang apa adanya. Yang AGAK LIAR. “rumah bersih” di bait ini mungkin bisa menggambarkan personalitas yang lebih lembut. Tapi yang lebih menarik lagi adalah kalimat berikutnya. Dimana Nam bilang “Lagian kalau kamu bersama aku, itu malah bakal jadi lebih berantakan juga”. Ini mungkin bisa diartikan kalau di semua jenis hubungan itu pasti ada baik dan buruk, gak mungkin semuanya baik. Biarpun ini orang menganggap Nam bukan seperti yang dia mau, tapi itu manusiawi. Kita gak bisa selalu mengharapkan orang terus menjadi baik kan? Ini juga bisa jadi cara lain untuk meyakinkan orang tersebut, kalo Nam gak peduli kalo nanti masalah akan jadi lebih rumit kalo dia sama cewe itu.

Oh Dirty House
Dirty House
Dirty House
Dirty House
I Don’t Care
Dirty House
Dirty House
Dirty House
Dirty House
I Don’t Care

Kalimat “Dirty House” yang di ulang-ulang terus seperti memberikan pernyataan kalau Nam itu sadar dia emang bukan seperti orang yang pada umumnya. “Orang yang bersih” atau cowok yang seperti pangeran di dongeng-dongeng. Dia tahu soal ini dan dia tidak peduli. Ini pernyataan Nam kalau dia tidak akan berubah seperti apa yang orang inginkan, hanya berharap orang atau seseorang menerima dia apa adanya.

Leave a comment